Proses organisasi
yaitu aktivitas –aktivitas utama yang dilakukan dalamsuatu organisasi.
Proses organisasi terdiri atas 5 bagian , antara lain:
1 Hubungan antara peran.
a adalah hubungan antar orang ( vertical atau pun horizontal ) dinyatakan dalam jabatanmembangun kerjasama antar seksi-seksi antar unit (karena tidak ada kerjasamayang dilakukan oleh satu unit ) hubungan kerjasama antara sub-sub, seksi dan bidang.
§ hubungan vertical adalah hubungan antara atasan danbawahan.
§ hubungan horizontal adalah hubungan antara sejajar.
2 Proses komunikasi .
a dalah rangkaian kegiatan sebelum atau pada saat itusedang terjadi. contoh : Rapat, koordinasi, pengumuman. dll,.
Tahappengawasan ,
dimulai komunikasidalam tahap perencanaan, pengorganisasian, pendaya gunaan SDM,
pengarahan,koordinasi, pelaksanaan, penggunaan anggaran, pengawasan, pencatatan danpelaporan sampai pada organisasi selesai. apabila proses pengawasan tidakdilaksanakan akan terlihat pencapaian yang tidak sempurna.
3. Pengawasan/ pengendalian .
a. kemampuanmanusia terbatas, kemungkinan dapat bertindak salah atau keliru atau tidaksesuai dengan apa yang diharapkan.
b. padasebagian manusia ada kecenderungan perilaku bermasalah. yaitu : tidak masukkantor, konflik dengan teman, dll.
c. manusiapada umumnya memiliki motif kerja yang tidak konsisten.
d. supayaorang-orang dalam organisasi sesuai pada trek atau jalur yang benar.
0 komentar:
Posting Komentar