Resume struktur pasar

Senin, 10 Juni 2013

Pengertian Pasar
Pasar adalah sebagai tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. Mereka saling berinteraksi melakukan transaksi jual dan beli barang bahkan jasa pun ada, dimana uang di gunakan sebagai alat tukar- menukar.
Jenis-jenis pasar :
1. Pasar Nyata
Tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Dalam hal ini pembeli dan menjual melakukan transaksi secara langsung. Contoh : pasar tradisional dan pasar swalayan.
2. Pasar Abstrak
Dalam hal pasar abstrak, penjual dan pembeli tidak harus melakukan pertemuan untuk bertransaksi. Hal ini dapat dilakukan hanya dengan menggunakan teknologi seperti internet. Seperti pasar saham, pasar online.
3. Pasar Modern
Pasar ini bersifat modern, dimana barang-barang diperjual-belikan dengan harga yang sudah ditentukan (pas) dengan layanan sendiri. Jenis pasar ini dapat berlangsung di mal, dan plaza.


Macam-macam pasar menurut bentuk dan strukturnya :
1. Pasar Persaingan Sempurna
Pasar dimana terdapat banyak penjual dan pembeli dan produk yang diperjual belikan bersifat homogen.
Contoh : pasar hasil pertanian seperti beras dan sayur mayur.

2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna :

a. Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah pasar yang terjadi apabila seluruh penawaran terhadap sejenis barang pada pasar dikuasai oleh seorang penjual tertentu. Contoh : PT Pertamina (persero), PT Perusahaan Listrik Negara (persero)


b. Pasar Oligopoli
Pasar oligopoly adalah pasar yang hanya terdiri atas beberapa penjual untuk suatu barang tertentu, sehingga antara penjual yang satu dengan yang lainnya bisa memengaruhi harga. Contoh : perusahaan yang menjual mobil dan sepeda motor, perusahaan rokok, industry telekomunikasi.

c. Pasar Duopoli
pasar duopoly adalah Suatu pasar dimana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan atau penjual. Contoh : Penawaran minyak pelumas dikuasai oleh Pertamina dan Caltex.

d. Pasar Monopolistik
pasar monopolistic adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek yang menunjukan karakteristik produk yang dihasilkan setiap perusahaan.
Contoh : dalam industry kendaraan bermotor motor Honda, di mana ciri khususnya adalah irit bahan bakar Yamaha memiliki keunggulan pada mesin yang stabil dan jarang rusak. Akibatnya tiap-tiap merek mempunyai pelanggan setia masing-masing.

e. Pasar Monopsoni
Pasar monopsoni adalah dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar.
Contoh : Di Indonesia seperti PT. Kerata Api Indonesia yang merupakan satu-satunya pembeli alat-alat kereta api.

f. Pasar Oligopsoni
Pasar oligopsoni adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Place to Share of Knowledge © 2011 | Designed by RumahDijual, in collaboration with Online Casino, Uncharted 3 and MW3 Forum